Sabtu, 10 November 2012

Sebulan

Selamat Pagi Universe. semangat pagi. semangat yang harus selalu berkobar di dalam jiwa pemuda indonesia. hahahaha. weekend yang cerah ini menambah indahnya kehidupan ditambah lagi dikelilingi oleh keluarga. menyantap sarapan pagi dengan penuh canda tawa bersama makin memperhangat pagi di minggu kedua bulan november ini.

hari ini merupakan tepat sebulan hari ujian komprehensif dan ujian skripsi yang telah saya lalui. kedua event tersebut merupakan suatu event yang sangat dinanti nanti oleh semua mahasiswa akuntansi unhas. mengapa? karena event tersebut sangat menentukan kelulusan seorang mahasiswa di jurusan tersebut. layaknya ujian nasional di tingkat smp dan sma, ujian tersebut merupakan ujian terakhir dalam tingkatan perguruan tinggi. butuh persiapan mental dan otak untuk melaluinya. bukan mudah untuk menjalankannya. pengorbanan yang begitu banyak. tenaga yang terkuras dan waktu yang terbuang merupakan bentuk pengorbanan yang paling nyata. namun pengorbanan itu terbayar ketika kedua tahap tersebut dapat dilalui dengan baik dan lancar serta dinyatakan lulus. kegembiraan yang tak terkira akan dirasakan. syukur yang banyak akan terucap dan perasaan yang bercampur aduk akan dirasakan.

sebulan yang lalu, sangat berkesan. menggunakan baju kemeja putih, celana kain hitam, berdasi dan menggunakan sepatu pantofel and then I Look so Formal with my formalwear. hahahaah terasa menjadi orang yang paling ganteng sejagat. yah menurut saya sendiri sih. hahahaha. materi GKB yang dipersiapkan untuk mengikuti ujian serta buku intermediate kieso serta buku audit Boynton selalu menemaniku kala itu. persiapan yang kurang lebih sebulan dirasa kurang cukup. sebulan mempelajari materi yang dikuliahkan selama kurang lebih 3,5 tahun. mustahil menguasai materi yang sebanyak itu dalam waktu satu bulan. strategi merupakan kunci dalam menghadapi ujian tersebut. 

strategi pertama yang saya lakukan adalah mengenali watak tiap penguji. berdasarkan info yang saya dapatkan dari para senior dan teman teman seangkatan yang telah melalui tahapan tersebut memberikan clue tersendiri yaitu tiap penguji memiliki kapabilitas dan pertanyaan yang berbeda. oleh karena itu, saya berusaha mencari tahu apa materi yang sering ditanyakan oleh dosen yang menjadi penguji saya pada saat itu. setelah mendapatkan info berupa materi dan pertanyaan yang sering diajukan, saya mencari materi tersebut. saya mencarinya di beberapa buku yang selama ini digunakan dalam proses perkuliahan. pada saat itu saya putuskan hanya menggunakan buku Intermediate Accounting karangan Kieso dan Auditing karangan Boynton serta softcopy GKB yang diberikan oleh Edwin.

strategi kedua yaitu tidak tinggal diam begitu saja ketika sudah mendapatkan info materi ujian. mem-follow up materi tersebut. lembar demi lembar saya baca sesuai dengan materi yang mungkin dibutuhkan. memberi tanda agar mudah dibaca. memberi catatan kecil pada materi merupakan serangkaian cara agar dapat menguasai materi yang akan diujiankan.

strategi selanjutnya adalah banyak berdoa. apalah arti kerja keras tanpa doa. segala sesuatu yang kita lakukan, Tuhan lah yang menentukan berhasil atau tidaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar